Alasannya Remote Server Dibutuhkan

Kapan dan Mengapa Anda Memerlukan Pemeliharaan Server?

            Berbicara tentang  Alasannya Remote Server Dibutuhkan, berarti sebuah hal yang terlihat sederhana secara rumit pada waktu yang bersamaan. Ketika server berjalan lancar, Anda tidak perlu memikirkan kesalahan dan masalah yang mungkin terjadi. Namun, sama seperti kendaraan ataupun mesin lainnya, server juga tetap membutuhkan perawatan dan pemeriksaan secara berkala.

Banyak orang yang mengetahui bahwa pemeriksaan teknis secara rutin pada kendaraan bermotor dapat mencegahnya dari kerusakan. Dengan cara yang sama, pemantauan dan pemeliharaan server harian juga dapat meminimalkan kesalahan yang dapat mengakibatkan terjadinya downtime. Penyebab yang paling sering terjadi saat server tiba-tiba berhenti beroperasi adalah:

  • Disk yang tidak memiliki ruang kosong (ini dapat menyebabkan database corruption)
  • Mekanisme backup yang telah berhenti bekerja sejak lama
  • Tidak memiliki rotasi log

 Ilustrasi Ruangan Server

Menggunakan layanan manajemen server profesional akan membuat Anda dapat melupakan berbagai masalah yang mungkin terjadi. Dengan memiliki tim engineer berkualitas dan mencakup beragam tugas pemeliharaan terlengkap, Anda akan terbebas dari berbagai masalah yang mungkin timbul pada server.

 

Berbagai Alasan Utama Mengapa Anda Memerlukan Jasa Pemeliharaan Server

 

Aktifkan Backup dan Restore Pada Semua Data Sensitif

 

Dalam setiap project pekerjaan yang dilakukan, salah satu hal penting adalah memiliki backup. Selain itu, Anda juga harus memiliki tim yang mampu memulihkan server/ website secara cepat jika sewaktu-waktu:

  • Server Anda Diserang Oleh Hacker
  • Database yang telah rusak
  • Server hancur karena api atau cuaca badai

 

Penyimpanan Cadangan Eksternal

Kami menyarankan untuk memiliki penyimpanan cadangan yang tidak terikat dengan lingkungan produksi di kantor Anda. Pengalaman kami menunjukkan AWS s3 bucket adalah penyimpanan yang benar-benar stabil untuk dapat Anda andalkan. Memiliki backup production server pada host yang sama dengan lingkungan produksi pada kantor Anda jelas bukanlah ide yang bagus. Misalnya dalam kasus hardware disk error, backup yang Anda lakukan akan hilang bersama dengan basis data produksi serta data penting lainnya.

Dalam pendekatan praktik terbaik, kebijakan yang harus Anda lakukan adalah menggunakan penyimpanan cadangan secara eksternal. Bahkan lebih baik jika Anda memiliki pusat data terpisah ataupun pusat hosting. Mengapa? Jika penyedia hosting Anda memiliki masalah tak terduga saat beroperasi, Anda mampu mengakses data dan memulihkannya dari tempat lain.

Backup Monitoring

            Titik kritis lain dari backup adalah pemantauannya. Anda harus selalu tahu tentang salinan cadangan yang telah berhasil dilakukan pada penyimpanan eksternal apa pun. Ada file log khusus yang mencerminkan informasi tersebut. Pemantauan Anda harus sampai mengetahui jika eksekusi skrip cadangan pada file tidak berhasil dilakukan.

 Ilustrasi Server

 

Quick Rollback Solution

            Sebagian besar project pekerjaan selalu berkembang dan berubah setiap saat. Ini juga termasuk penggunaan kode untuk lingkungan produksi. Hal terpenting dalam setiap perubahan yang dilakukan pada produksi adalah memiliki solusi rollback cepat dan aman. Tidak masalah apakah itu pembaruan kode atau perubahan infrastruktur. Itu memungkinkan untuk kembali ke kondisi kerja situs web / server sebelumnya. Anda bahkan dapat menghapus sesuatu pada produksi secara tidak sengaja. Memiliki backup akan selalu memberikan perlindungan dari masalah, bahkan jika Anda melakukan kesalahan yang sangat buruk. Selain itu, hal ini juga akan memberikan kesempatan untuk memulihkan server dan situs web dengan cepat tanpa kehilangan pengunjung dan pelanggan Anda.

Jaga Storage Agar Tetap Bersih!

Sangat penting untuk melacak semua perubahan dan mengumpulkan log yang dapat digunakan untuk menyelidiki masalah di sistem. Misalnya, jika Anda merasa bahwa Anda sedang diserang bot, Anda dapat memeriksanya dengan menganalisis log. Menggunakan lingkungan produksi sebagai penyimpanan untuk log, cadangan, dan versi perangkat lunak adalah kesalahan umum. Jaga penyimpanan produksi Anda sejelas mungkin dengan:

  • Mengimplementasikan log dan rotasi email
  • Hapus software lama
  • Pastikan Anda tidak punya file sampah di dalam server

Mengapa? Karena waktu yang dihabiskan untuk memulihkan situs web / server dari cadangan berbanding lurus dengan ukuran backup! Jika disk hampir penuh, kami sangat menyarankan untuk menghapus file yang lama atau memperluas penyimpanan Anda. Ketika penggunaan disk telah digunakan untuk pada server hingga 100%, ada kemungkinan terjadinya gagal respons dan data bisnis penting mungkin hilang!

 

Pemantauan Yang Benar, Terperinci, Peringatan, dan Reaksi Darurat

            Setiap pemilik bisnis selalu bermimpi tentang high availability, downtime nol dan kelancaran setiap project pekerjaan. Secara umum berarti:

  • Tanpa Masalah
  • Tidak memerlukan perangkat tambahan dalam kebutuhan mendesak untuk menyelesaikan permasalahan
  • Hanya perlu melakukan setup sekali untuk semua level

Sayangnya masalah itu hanya mungkin hilang jika Anda menggunakan cloud. Saat ini, banyak penyedia cloud menangani masalah hardware dengan sendirinya. Jika Anda adalah pemilik server khusus, maka harus yakin bahwa:

  • Hardware yang Anda miliki tidak terlalu panas
  • Tidak ada no disk error
  • Jaringan stabil dan lainnya

Basic Server Metrics Monitoring

            Untuk memastikan server berjalan dengan lancar, Anda harus yakin bahwa metrik berikut dalam batas normal:

  • Disk Server
  • CPU
  • RAM
  • Pemanfaatan Jaringan

Sebaiknya beri tahu tingkat untuk memastikan Anda dapat bereaksi terhadap masalah tanpa menggali ke arah yang salah. Sebagai contoh, kami menyarankan untuk menggunakan level seperti itu dengan batasan yang berbeda:

  • OK
  • Warning
  • Critical

Software and Services Monitoring

Saat ini, pemantauan hardware pada server tidak cukup. Anda harus memastikan dapat memantau semua layanan dan software yang berjalan di server. Akan lebih mudah untuk memahami di mana masalah ketika Anda memiliki tinjauan komprehensif tentang metrik server. Cara terbaik untuk menyadari tentang pemanfaatan sumber daya adalah memiliki alat pemantauan yang mencakup semua komponen sistem secara aktif dan memperingatkan Anda jika terjadi kesalahan.

Reaksi Cepat dan Bantuan Darurat

Menyadari kondisi server Anda tidak akan selalu dalam kondisi terbaik, setiap pemilik bisnis perlu memastikan memiliki ahli yang dapat memperbaiki setiap masalah yang terjadi kapan pun dibutuhkan. Perawatan server yang tepat mencakup susunan komponen sistem terlengkap yaitu kondisi dapat mempengaruhi produktivitas bisnis Anda.

 

Pencegahan Kegagalan Sistem Secara Proaktif

            Agar dapat menjalani setiap proses bisnis dengan tenang, setiap masalah yang terjadi pada server harus dapat ditangani oleh ahli yang dapat mengembalikan sistem pada kondisi stabil kembali. Setelah penyelesaian masalah, tim ahli yang menangani server akan menganalisis problem untuk antisipasi terulangnya masalah yang sama.

Zero downtime and Error Prevention

Administrator sistem yang berpengalaman harus tahu cara mengoptimalkan server agar kinerjanya semakin maksimal. Pergunakanlah tim ahli yang mampu mengelola server secara sempurna agar tetap dalam kondisi zero downtime selama pembaruan dan terus berjalan tanpa gagal selama setidaknya 1,5 tahun. Ini adalah hasil dari pembaruan dalam waktu, pengoreksian server, dan situs web yang benar, cerdas, serta pendekatan proaktif dalam memperbaiki masalah.

Automate OPS Work

Kami sangat menyarankan untuk melakukan otomatisasi pemeliharaan dan konfigurasi server untuk meminimalkan risiko kesalahan serta bug yang mungkin terjadi. Jika Anda tidak dapat melakukan otomatisasi proses pembaruan, sediakan waktu yang lebih banyak untuk perawatan secara manual. Biasanya bisa dilakukan pada sepanjang malam, ketika traffic data sangat minimal. Pada awalnya, melakukan perawatan secara manual mungkin akan bekerja dengan baik ketika server bekerja dalam area yang kecil. Tetapi setelah bisnis Anda berkembang seiring dengan volume proyek web Anda, ada peluang kesalahan yang terjadi selama pembaruan manual. Jangan pernah melupakan faktor manusia, namun biarkan mesin melakukan pekerjaan operasional.

Fokuslah Pada Pertumbuhan Bisnis Anda, Bukan Pada Pemeliharaan Server

            Tujuan dari manajemen server terbaik untuk membiarkan Anda melupakan semua masalah  yang  mungkin terjadi sehingga bisa lebih fokus pada bisnis inti Anda dan perluasannya. Anda tidak perlu khawatir tentang tugas pemeliharaan,  semua yang perlu Anda lakukan adalah memberikan keleluasaan pada tim pemeliharaan server untuk mengetahui pekerjaan apa yang perlu dilakukan.

Dalam layanan pengelolaan server yang benar dan kualitatif, Anda tidak perlu khawatir tentang relevansi perangkat lunak serta jenis pembaruan apa pun. Jika Anda membayar untuk layanan yang mencakup keseluruhan layanan server, perlindungan server, dan pembaruan perangkat lunak Anda akan disertakan secara default.

 

Jika membutuhkan layanan jasa instalasi server silahkan hubungi kami

Advertisements