Jenis Kabel UTP CAT Yang Beredar Di Pasaran (CAT 3, 5, 5e, 6, 6e, 6a, 7)

 

          Meski berbagai perangkat elektronik yang beredar di pasaran telah beralih menggunakan teknologi nirkabel, perangkat LAN masih bergantung pada kabel CAT menangani semua urusan berkaitan dengan transmisi data. Sebagai informasi, semua kabel Ethernet terdiri dari 2 dua varietas utama yaitu pasangan UTP (unshielded twisted pair) atau STP (Shielded twisted pair). Mereka semua memiliki struktur konstruksi yang sama, tetapi sangat bervariasi tergantung frekuensi transmisi dan throughput yang bersangkutan.

Bagaimana Cara Menginterpretasikan Kecepatan Kabel Ethernet?

  • 10 Mbps = 1.2 MB / detik per 1 jam untuk mengunduh DVD (4.5 GB)
  • 100 Mbps = 12 MB/ detik per 1 jam untuk mengunduh 10 DVD (asumsi rata-rata 4.5 GB)
  • 0 Gbps = 125 MB/ detik per 1 jam untuk mengunduh 100 DVD (asumsi rata-rata 4.5 GB)
  • 10 Gbps = 1.25 Gbps yaitu 1 jam untuk mengunduh 1000 DVD (asumsi rata-rata 4.5 GB)

Apa Itu Frekuensi?

Bayangkan Anda hanya dapat mengendarai dua mobil (masing-masing memiliki satu penumpang), pada waktu tertentu di jalan raya (masing-masing dua jalur). Sekarang Anda akan dapat mentransfer lebih banyak orang melalui jalan raya yang sama jika Anda dapat mengendarai dua mobil yang sama yaitu sebanyak 500 perjalanan per hari dibandingkan sebelumnya yang hanya 250 perjalanan per hari.

Sekarang, bayangkan analogi yang sama tetapi ganti mobil dengan bit data. Jadi, jika Anda hanya dapat menggerakkan dua bit pada jalur data tertentu maka menghasilkan 100 Mhz (atau 100 juta siklus per detik) akan memberikan lebih banyak bandwidth (yaitu kemampuan untuk mentransfer data melalui saluran yang sama) dibandingkan sebelumnya yang hanya 50 Mhz (atau 50 Juta siklus per detik ).

Jenis Kabel UTP CAT

Chart Komparasi UTP dan STP

CAT3

Standar kategori 3 atau CAT3 banyak digunakan pada awal tahun 1990-an untuk kabel di kantor dan rumah (masih kerap digunakan dalam konfigurasi telepon dua baris). CAT3 dapat diandalkan untuk menangani kecepatan data hingga 10 Mbps. Sedangkan Frekuensi maksimumnya hanya 16 MHz. Seperti banyak opsi pemasangan kabel lainnya, CAT3 mengandalkan tembaga untuk data dan transmisi daya. Sementara secara teoritis terbatas pada penggunaan 10BASE-T Ethernet. CAT3 hanya benar-benar dapat mendukung kecepatan 100BASE-T4 dengan menggunakan 4 kabel, bukan 2 untuk mencapai 100 Mbps throughput.

CAT5

            Pada tahun 2000-an, CAT5 menggeser penggunaan CAT3 sebagai kabel pilihan untuk jaringan LAN. CAT5 menggunakan standar 10BASE-T atau 100BASE-T untuk transmisi data. Menggunakan dua pasang kabel untuk memberi sinyal melalui kawat tembaga, CAT5 dapat menangani frekuensi maksimum 100 MHz dan kecepatan hingga100 Mbps. CAT5 menggunakan konektor modular 8P8C untuk menghubungkan perangkat bersama-sama, dan dapat digunakan secara efektif pada panjang hingga 100 meter. Hari ini, kabel CAT5 telah digantikan CAT5e sebagai kabel pilihan jaringan LAN.

Jenis Kabel UTP CAT

 Potongan Kabel CAT5

CAT5e

Dari segi tampilan sangat mirip dengan CAT5, CAT5e juga memiliki beberapa pembaruan. Untuk satu hal, CAT5e menggunakan empat pasang kawat tembaga daripada dua yang digunakan CAT5. Selain itu, pasangan kawat dipelintir lebih erat dan dilapisi dengan heavy-duty shiled untuk menghilangkan crosstalk. Crosstalk dapat mengurangi kecepatan kabel saat mengirimkan informasi. Berkat peningkatan internal, CAT5e mampu mencapai kecepatan 1000BASE-T. Dengan kata lain, CAT5e dapat menangani hingga 1 Gbps throughput pada jarak hingga 100 meter. Saat ini, adalah CAT5e  adalah kabel yang paling umum ditemukan di rumah dan kantor modern untuk tujuan Ethernet.

Jenis Kabel UTP CAT

 Shielded Twisted Pair

CAT6

Untuk penggunaan back-end (jaringan berkapasitas tinggi), CAT6 mendukung kebutuhan Gigabit Ethernet. Mendukung frekuensi hingga 250 MHz dan 10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-T, dan 10GBASE-T standar, itu dapat menangani hingga 10 Gbps dalam hal throughput. Berkat isolasi kabel yang lebih baik, CAT6 dapat mengurangi potensi crosstalk yang lebih baik daripada CAT5e. Ketika digunakan untuk keperluan Gigabit Ethernet dan di bawahnya, panjang kabel maksimum yang diizinkan adalah 100 meter. Untuk kecepatan 10GBASE-T, panjang kabel maksimum adalah 55 meter. Satu kekurangan dalam penggunaan kabel CAT6 adalah pemasangannya yang rumit, karena kompatibilitas dengan 8P8C memerlukan penggunaan potongan adaptor khusus untuk kinerja yang optimal.

Jenis Kabel UTP CAT

Tampilan Bagian-Bagian CAT6

CAT6e

Ini adalah peningkatan dari kabel CAT6 standar, karena CAT6e bekerja jauh lebih baik ketika dipasang di lingkungan dengan gangguan suara atau RF yang tinggi. Namun, meski lebih baik daripada CAT6, CAT6e tidak sebagus kabel standar CAT6a atau CAT6 Augmented.

 Komparasi Twisted Pair CAT6e dan CAT5

 Jenis Kabel UTP CAT

 

Jenis Kabel UTP CAT

 Kabel CAT6e Yang Dibongkar

CAT6a

Jika Anda memasang kabel di rumah atau kantor untuk Ethernet jangka panjang, CAT6a adalah pilihan yang sempurna dalam hal pemeriksaan masa depan. Ketika datang ke protokol A / V, CAT6a seharusnya menggantikan HDMI di tahun-tahun mendatang. Perbedaan utama antara CAT6a dan CAT6 adalah bahwa CAT6a dapat beroperasi pada frekuensi hingga 750 MHz. Selain itu, CAT6a bahkan tidak rentan terhadap gangguan dan crosstalk. Spesifikasi dan perisai yang ditingkatkan memungkinkan CAT6a untuk menyediakan kecepatan yang lebih konsisten dan andal dalam lingkungan sulit. Berkat kinerja dan stabilitasnya, CAT6a adalah kabel pilihan untuk Ethernet 10GBASE-T.

Jenis Kabel UTP CAT

Komparasi CAT3, CAT5, CAT6

Cat 7

Daftar opsi kabel Ethernet tidak berhenti di CAT6a. Ada juga versi yang disebut CAT7. Disebut memiliki kemampuan terbaik dari semua varian kabel TP yang tercantum di atas, CAT7 juga dikenal sebagai kabel Kelas F yang mendukung frekuensi transmisi hingga 600 MHz. CAT7 mendukung 10GBASE-T Ethernet lebih dari 100 meter penuh dan memiliki fitur peningkatan pengurangan kebisingan crosstalk. Sementara CAT6e adalah kabel standar saat ini ketika datang ke penggunaan 10GBASE-T, lambat laun akan terganti dengan CAT7.

Tidak ada yang tahu apa masa depan untuk kabel Ethernet atau apa yang akan datang berikutnya dalam hal format atau kinerja. Apa pun yang terjadi, kita hanya dapat berharap pada inovasi kabel yang lebih cepat setiap tahun karena teknologi dan protokol yang mendukung peningkatan Ethernet.

 Jasa service Yang kami sediakan

Advertisements