Pengertian jaringan komputer

 

Pengertian network atau jaringan komputer biasa kita kenal di lingkungan kita adalah jaringan komputer yang dapat diartikan sebagai suatu ekosistem yang berhubungan satu komputer dengan komputer lainnya dalam satu jaringan, atau bisa juga terhubungnya satu jaringan dengan satu jaringan lainnya, dengan menggunakan standarisasi yang berlaku. sehingga jaringan komputer tersebut dapat terhubung satu sama lain dan dapat berinteraksi dan berkomunikasi.

seiring pekembangannya dalam dunia IT, banyak bermunculan jenis-jenis OS atau operating sistem seperti windows, linux, dan mac os, selain os yang beraneka ragam banyak juga aplikasi yang muncul dari seluruh belahan dunia, sehingga anatara satu os dengan os dan aplikasi yang lain perlu suatu jalan atau aturan agar dapat terhubung dalam suatu jaringan.dalam dunia IT atau network ada standarisasi untuk berkomunikasi  yang berupa TCP/IP yang artinya adalah transmision Control Protocol / Internet protocol.

 

Pengertian IPv4 atau internet protocol 4

 

ipv4 versi 4 atau biasa di sebut internet protocol versi 4 adalah pengalamatan jaringan dalam protokol jaringan TCP/ip yang memiliki panjang total 32bit dan dapat menangani komputer host sebanyak 4.294.967.296 host komputer di seluruh dunia. host komputer tersebut 256 didapat dari 8 bit