Didalam sebuah jaringan Komputer biasanya kita kebanyakan akan memisahkan jaringan wifi untuk internal contohnya karyawan pada perusahaan atau bisa juga untuk jaringan wifi rumah, tapi untuk menjaga jika ada tamu datang ( orang luar) yang tidak diizinkan saat mereka memakai jaringan wifi kita tapi tidak disatukan dengan jaringan utama dimana didalamnya da server kita ( server data, aplikasi dsb). Biasanya kita akan membuat 1 wifi dengan nama guest atau wifi tamu.

Tapi bagaimana jika tamu kita ingin print ke printer yanga da didalam jaringan kita, jika anda menggunakan wifi ubiquiti unifi dan anda sudah melakukan instalasi Unifi controller, maka semua pertanyaan diatas bisa kita selesaikan dengan mudah, caranya adalah

Masuk ke Unifi controller lalu cari menu setting dan cari icon menu Gear roda, yang mesti diingat adalah jika kamu ingin printer bisa di print melalui wifi tamu maka printer kamu harus memiliki IP Statis di jaringan.

Selanjutnya klik pada control Tamu, lalu turunkan scroll anda ke bagia Kontrol akses lalu tambahkan alamat IP pada setiap printer ke bagian “ Akses Pra-Otorisasi”, selanjutkan kamu dapat memasukan alamat IP Individual dan di ikuti oleh/32 untuk menentukan alamat sebagai satu perangkat jaringan.

Lalu Klik Apply atau simpan perubahan dan izinkan perangkat menyediakan , lalu install printer langsung ke laptop Tamu menggunakan Alamat IP.

Tara, sekarang tamu kamu dapat melakukan print melalui wifi dari jaringan wifi tamu yang sudah di buat, akan tetapi jaringan utama kamu tetap aman tanpa resiko yang dapat merusak system yang ada di jaringan utama.

 

Jasa instalasi wifi Unifi, ruckus, aruba, CCTV, Server, mikrotik, FO, pabx, access door