Mengenal Macam-Macam CCTV Yang Beredar di Pasaran Saat Ini

Kamera CCTV saat ini merupakan sistem keamanan yang dapat terintegrasi dengan televisi, komputer, laptop, smartphone dan tablet. Memilih sistem CCTV yang tepat bisa dikatakan tergantung pada apa yang Anda ingin pantau dan awasi. Untuk pengawasan rumah atau bisnis biasanya membutuhkan CCTV kamera, alat penghubung serta media penyimpan rekaman video. Pengguna dapat memantau tangkapan kamera melalui TV, komputer, laptop, smartphone, atau menyimpan ke perangkat digital yang biasa disebut Digital Video Recorder (DVR). Jenis kamera CCTV umumnya terbagi menjadi sistem CCTV kabel dan tanpa nirkabel (wireless). Sistem CCTV kabel memberi kelebihan kualitas gambar terbaik tanpa adanya gangguan. Kamera dengan kabel biasanya menggunakan colokan BNC yang dapat dihubungkan ke monitor TV dengan menggunakan adaptor atau disambungkan langsung ke Digital Video Recorder. Kelemahan sistem CCTV kabel adalah proses instalasi yang lebih lama dan sulit dipindahkan ke lokasi lain.

Keunggulan sistem CCTV wireless (nirkabel) adalah proses instalasi yang sangat mudah, cepat, dan lebih rapi. Dengan teknologi digital terbaru, kamera CCTV wireless mampu mencapai jangkauan hingga 200 meter. Kelemahan sistem CCTV non-kabel yaitu memiliki kemungkinana terkena gangguan sinyal lain seperti adanya Wi-fi di lingkungan sekitar.

Jenis kamera CCTV berdasarkan tipe yaitu kamera analog, kamera digital serta IP Camera. Kamera jaringan atau IP camera bekerja dengan cara mengirim dan menerima data melalui jaringan internet. IP camera menawarkan akses yang mudah dan gambar dapat dilihat langsung oleh perangkat yang memiliki koneksi dengan internet. Kekurangan IP kamera adalah harga yang lebih mahal daripada kamera biasa.

Sistem CCTV lengkap memerlukan perangkat lain yang menyediakan tenaga listrik, juga konektor, dan aksesoris CCTV lainnya. Tester CCTV dan monitor akan membantu memeriksa posisi kamera yang tepat.

Oleh karena itu, pemasangan.com telah merangkum berbagai jenis CCTV yang beredar di pasaran saat ini. Berikut penjelasannya!

  1. Dome Camera

Dome camera adalah pilihan pengawasan keamanan yang paling populer saat ini karena karena memiliki desain yang modis, instalasi praktis di mana saja, serta mudah berbaur dengan lingkungan sekitarnya.

Kamera CCTV model dome, diberi nama demikian karena memiliki bentuk seperti dome (kubah). Jenis kamera CCTV ini umumnya  digunakan dalam sistem pemantauan keamanan bisnis seperti pada kantor, restoran serta toko karena didesain yang mudah berbaur dengan lingkungan sekitarnya.

Jenis kamera CCTV dome tipe kubah ini tersedia dengan berbagai fitur terbaru seperti kualitas gambar HD (High Definition), kamera inframerah untuk pengawasan di tempat gelap, wide dynamic range (WDR),hingga jenis dome camera CCTV yang vandalproof (tahan perusakan). Keuntungan CCTV tipe dome camera adalah Anda tidak perlu lagi membeli bracket atau lensa tambahan. Tipe dome camera merupakan pilihan pengawasan keamanan yang terjangkau untuk rumah maupun bisnis.

 

enis kamera CCTV umumnya terbagi menjadi sistem CCTV kabel dan tanpa nirkabel (wireless). Sistem CCTV kabel memberi kelebihan kualitas gambar terbaik tanpa adanya gangguan. Kamera dengan kabel biasanya menggunakan colokan BNC yang dapat dihubungkan ke monitor TV dengan menggunakan adaptor atau disambungkan langsung ke Digital Video Recorder

Gambar Dome Camera

 

 

  • Dome Camera Indoor

Dome camera indoor tersedia dengan berbagai fitur seperti high-definition, day/night, dan infrared night vision. Dome camera indoor umumnya hanya digunakan dalam ruangan tertutup saja, karena tidak tahan terhadap cuaca. Kebanyakan kamera CCTV dome camera indoor memiliki housing berbahan plastik. Lensa CCTV yang digunakan biasanya berukuran 3.6mm karena dirancang untuk ditempatkan pada sudut ruangan berukuran kecil hingga sedang agar dapat mengawasi seluruh bagian ruangan.

 

Bila memiliki fitur day/night, maka sensor pada kamera akan mampu mendeteksi tingkat cahaya dalam ruangan tersebut. Ketika cahaya berada di minim, maka mode night (penglihatan malam hari) akan aktif. Tampilan tangkapan kamera akan berubah dari berwarna ke hitam dan putih dan LED infrared akan menyala. Dome camera yang dirancang dengan fitur “Smart IR” akan menyesuaikan intensitas pencahayaan infrared berdasarkan jarak objek apakah mendekat atau menjauh dari kamera.

 

Instalasi jenis dome camera indoor sangat mudah dan dapat terhubung ke berbagai tipe DVR, DVD Recorder, TV, Capture Card, dan lain-lain. Yang harus Anda lakukan adalah menggunakan adaptor dan menyambungkan kabel BNC ke media perekam milik Anda. Sebelum memilih CCTV tipe dome camera, Anda harus menentukan kebutuhan dan budget Anda. Jika Anda membutuhkan pengawasan CCTV di malam hari atau di ruangan yang agak gelap, maka anda harus memilih dome camera infrared. Jika lokasi Anda rentan terhadap vandalisme (perusakan), Anda dapat memilih tipe dome camera vandal-proof series.

 

  • Dome Camera Infrared

Jenis kamera CCTV infrared memiliki kemampuan untuk menangkap gambar video dalam kondisi cahaya minim, hingga pada kondisi lux = 0 atau tidak ada cahaya sama sekali. Tipe kamera ini disebut sebagai kamera IR (Infrared) atau “Night Vision Camera“. Dome camera infrared memiliki LED IR yang ditempatkan di bagian luar lensa sehingga memberikan kemampuan melihat di malam hari.

 

Dome camera infrared dapat beroperasi di hampir semua kondisi pencahayaan, dari siang hari yang cerah (asalkan tidak mengarah langsung ke arah matahari) hingga kegelapan malam. Kamera ini sangat sensitif sehingga dapat menggunakan sedikit cahaya untuk memberikan gambar apa sedang dilihatnya. Dalam kondisi cahaya rendah, gambar yang dihasilkan berupa hitam dan putih. Dalam kondisi gelap gulita atau pekat total, kamera menggunakan LED infrared built-in untuk menerangi area di depannya. Lampu ini tidak terlihat oleh mata manusia, meskipun demikian Anda mungkin melihat cahaya merah samar yang datang dari depan kamera.

 

Pada siang hari atau pada lingkungan yang cukup terang, fitur IR Cut Filter pada kamera akan aktif untuk menyaring panjang gelombang cahaya yang tidak diperlukan kamera untuk memberikan gambar warna yang lebih jelas.

 

  • Dome Camera Vandal-Proof

Dome camera vandal-proof adalah kamera CCTV dengan casing yang sangat kuat sehingga cocok digunakan di daerah yang rawan aksi kejahatan. Keuntungan tipe CCTV ini adalah dapat terus beroperasi walaupun seseorang berusaha untuk merusaknya karena penggunaan housing yang tangguh dan tidak mudah pecah. Selain itu, lapisan pelindung tebal dari bahan kaca atau plastik pada bagian depan akan melindungi lensa kamera.

Dome camera vandal-proof umumnya terbuat dari bahan logam padat dengan penutup lensa dari plastik polycarbonate yang anti pecah. Kamera ini biasanya digunakan di daerah-daerah yang rentan terhadap vandalisme atau gangguan perusakan. Setelah kamera ini dipasang dengan benar, maka sangat sulit untuk dirusak karena dirancang benar-benar tertutup dan biasanya membutuhkan alat khusus untuk membuka penutup kubah.

Kabel CCTV dibuat agar menyatu  ke dalam dinding sehingga sulit bagi pelaku untuk memotong kabel atau menariknya keluar. Kaca pelindung lensa dome camera vandal-proof juga dirancang untuk tahan terhadap pewarna seperti spidol atau cat. Bila seseorang mencoba untuk menempelkan sesuatu di atas penutup tersebut maka pengawas akan segera mengetahui aksi kejahatan yang sedang berlangsung. Rekaman pada DVR akan memungkinkan anda untuk melihat gambar sebelum pelaku berhasil menutupnya.

  • Dome Camera Pan-Tilt-Zoom

Dome camera pan-tilt-zoom adalah jenis kamera CCTV yang mampu menyediakan gambar resolusi tinggi dengan teknologi keamanan terbaru yang ideal untuk aplikasi apapun. Kamera Pan Tilt Zoom (PTZ) populer karena kemampuannya menggerakan arah lensa kamera ke mana saja. Dengan perangkat tambahan seperti joystick akan memudahkan mengontrolnya. Arti Pan Tilt Zoom adalah lensa kamera mampu digerakkan secara horizontal (pan), vertikal (tilt), serta fokus lensa dapat diubah menjadi lebih dekat atau menjauh (zoom).

 

Dome camera pan-tilt-zoom juga dapat dikontrol melalui DVR, software remote viewing, dan joystick. Dengan fitur zoom yang tersedia, Anda dapat melihat nomor polisi kendaraan atau memperbesar wajah seseorang dari jauh. Anda juga dapat melakukan pengaturan untuk melakukan pantauan pada daerah tertentu saja. Bandara, stasiun, terminal, dan supermarket sangat cocok menggunakan Dome camera pan-tilt-zoom. Kamera ini memerlukan kabel tambahan untuk mengatur pergerakannya yaitu Kabel CAT 5 dan kabel RG-59 coaxial untuk mengontrolnya secara langsung melalui internet.

 

  1. IP Camera

IP camera adalah jenis kamera video digital yang biasa digunakan untuk pemantauan keamanan dan dapat mengirim ataupun menerima data melalui jaringan komputer dan internet. Walaupun webcam juga dapat melakukan hal ini, namun istilah ”IP Camera” biasanya hanya digunakan untuk sistem pengawasan keamanan. IP camera pertama digunakan pertama kali pada tahun 1996.

enis kamera CCTV umumnya terbagi menjadi sistem CCTV kabel dan tanpa nirkabel (wireless). Sistem CCTV kabel memberi kelebihan kualitas gambar terbaik tanpa adanya gangguan. Kamera dengan kabel biasanya menggunakan colokan BNC yang dapat dihubungkan ke monitor TV dengan menggunakan adaptor atau disambungkan langsung ke Digital Video Recorder

Gambar IP Camera

Kelebihan IP Camera

  • Keuntungan IP Camera adalah tidak memerlukan biaya banyak. Perangkat kamera berukuran kecil ini dapat terhubung secara nirkabel ke router Wi-Fi Anda dan menawarkan perlindungan sebagai pencegah, serta sebagai bukti bila terjadi aksi kriminal. Yang perlu Anda lakukan adalah cukup menginstalasi, menghubungkan dan kamera ini akan langsung bekerja.
  • IP Camera terbaru akan mampu menangkap gambar sesuatu yang bergerak di depan mereka dan mengirimkan notifikasi ke email Anda. Dapat juga diatur untuk merekam video. Ketika pencuri menyadari dia tertangkap kamera, hal itu sudah terlambat karena gambar sudah dikirimkan melalu email sehingga tidak ada gunanya mematikannya. Anda juga dapat menggunakan stiker pertanda adanya CCTV sebagai peringatan.
  • Kelebihan IP Camera lainnya adalah Anda dapat melakukan remote login langsung ke kamera secara live melalui internet menggunakan aplikasi yang didisediakan produsen.

 

Macam-Macam IP Camera

  • IP Camera terpusat: Jenis IP Camera ini memerlukan pusat Network Video Recorder (NVR) untuk merekam video dan manajemen alarm
  • IP Camera desentralisasi: Jenis IP Camera ini tidak memerlukan pusat NVR karena kamera telah memiliki fungsi perekam built-in sehingga dapat merekam langsung ke media penyimpanan seperti SD Card, NAS (Network Attached Atorage), komputer, atau server

 

  1. Kamera CCTV Weather-Proof

Kamera CCTV weather-proof (tahan cuaca) didesain khusus untuk mencegah masuknya air hujan serta partikel kecil seperti debu yang dapat merusak komponen kamera internal. Bentuk Kamera CCTV weather-proof hadir dalam box, dome, dan peluru. Untuk lokasi dengan kondisi ekstrem bahkan dilengkapi fitur pemanas built-in yang dirancang agar dapat beroperasi dalam kondisi musim dingin yang membeku. Desain kamera CCTV weather-proof dirancang untuk menahan kondisi cuaca ekstrem dan mampu memberikan pemantauan keamanan yang handal pada kondisi apapun. Kamera CCTV weather-proof ini umumnya digunakan pada terminal bus, stasiun kereta api, bandara, gudang, pelabuhan, kampus, sekolah, tempat parkir, serta untuk pemantauan lalu lintas di jalan raya.

enis kamera CCTV umumnya terbagi menjadi sistem CCTV kabel dan tanpa nirkabel (wireless). Sistem CCTV kabel memberi kelebihan kualitas gambar terbaik tanpa adanya gangguan. Kamera dengan kabel biasanya menggunakan colokan BNC yang dapat dihubungkan ke monitor TV dengan menggunakan adaptor atau disambungkan langsung ke Digital Video Recorder

Gambar Kamera CCTV Weather-Proof

Kelebihan Kamera CCTV Weather-Proof

  • Terbuat dari bahan yang kuat dan tahan cuaca sehingga menjamin kinerja optimal
  • Dapat beroperasi di kondisi cuaca yang ekstrem
  • Memiliki resolusi gambar tinggi hingga High Definition Technology

 

  1. Kamera CCTV Speed Dome

Kamera CCTV speed dome memiliki teknologi tinggi untuk sistem pengawasan keamanan yang optimal. Tipe CCTV ini akan meningkatkan sistem keamanan menjadi lebih andal karena kamera dapat berputar nyaris tanpa suara dan menangkap gambar beresolusi tinggi. CCTV ini memiliki fungsi Pan-Tilt-Zoom (PTZ), decoder,dan infrared yang kompak dalam ukuran namun tetap menarik dalam penampilan. Kamera CCTV speed dome dapat digerakkan secara horizontal hingga 360 derajat, vertikal sampai 90 derajat, dan berputar berbalik arah 180 derajat di bagian bawah.

enis kamera CCTV umumnya terbagi menjadi sistem CCTV kabel dan tanpa nirkabel (wireless). Sistem CCTV kabel memberi kelebihan kualitas gambar terbaik tanpa adanya gangguan. Kamera dengan kabel biasanya menggunakan colokan BNC yang dapat dihubungkan ke monitor TV dengan menggunakan adaptor atau disambungkan langsung ke Digital Video Recorder

Gambar Kamera CCTV Speed Dome

Teknologi kamera CCTV speed dome membuat pengambilan gambar lebih cepat dan mudah. Selain itu, proses instalasi kamera CCTV tipe ini memiliki proses pemeliharaan yang lebih praktis. Keunggulan kamera tipe ini adalah kinerja tinggi karena memiliki stepper dan chip driver motor yang canggih, tahan lama, gerak rotasi lebih halu, serta penempatan posisi akurat.

  1. Kamera CCTV Explosion-Proof

Kamera CCTV explosion-proof biasanya dipakai pada lokasi berbahaya dan berisiko tinggi terjadinya ledakan seperti pabrik, tambang, kilang minyak, dan lain-lain. Kamera explosion-proof dirancang untuk tahan dari suatu ledakan yang dapat terjadi pada industri dengan lingkungan ekstrem berteknologi terbaru, water-proof, dan juga bebas dari debu.

enis kamera CCTV umumnya terbagi menjadi sistem CCTV kabel dan tanpa nirkabel (wireless). Sistem CCTV kabel memberi kelebihan kualitas gambar terbaik tanpa adanya gangguan. Kamera dengan kabel biasanya menggunakan colokan BNC yang dapat dihubungkan ke monitor TV dengan menggunakan adaptor atau disambungkan langsung ke Digital Video Recorder

Gambar Kamera CCTV Explosion-Proof

 

Kegunaan Kamera CCTV Explosion-Proof

  • Menciptakan kondisi kerja yang lebih aman dan efisien yang berdampak sangat besar pada pengendalian risiko
  • Menghemat biaya dengan mengawasi situasi lapangan secara langsung. Pemantauan pekerjaan lapangan secara real-time akan memberikan penilaian dan pengambilan keputusan lebih cepat dari ancaman terhadap property serta karyawan yang bekerja di lokasi

Sistem kamera CCTV explosion-proof dapat digunakan di bidang:

  • Fasilitas pengolahan hasil pertanian
  • Pertambangan seperti batubara
  • Pembangkit listrik
  • Industri minyak & gas
  • Industri kimia & farmasi
  • Industri lepas pantai seperti kilang minyak dan kapal tanker
  • Pabrik pembutan kertas (pulp)
  • Pabrik kayu
  • Pabrik baja

 

  1. Camouglage Camera

Camouglage Camera digunakan untuk mengawasi suatu tempat tanpa diketahui orang yang berada di lokasi tersebut. Ini merupakan fungsi yang berlawanan karena umumnya kamera CCTV dirancang untuk memperingatkan orang di lokasi tersebut agar tidak melakukan tindakan seperti aksi kriminal. Dengan CCTV tipe camouglage camera, maka kamera tidak terlihat mencolok atau bahkan dibuat seperti benda lain. Kamera dirancang terlihat persis seperti objek lain namun mampu menangkap gambar video berkualitas tinggi dengan lensa wide angle 3.7 mm. CCTV tipe camouglage camera dapat berbentuk seperti detektor asap, penyiram air saat kebakaran (sprinkler), kamera berbentuk peluru dan banyak lagi. Tidak ada yang akan menduga bahwa benda tersebut ternyata adalah kamera CCTV.

enis kamera CCTV umumnya terbagi menjadi sistem CCTV kabel dan tanpa nirkabel (wireless). Sistem CCTV kabel memberi kelebihan kualitas gambar terbaik tanpa adanya gangguan. Kamera dengan kabel biasanya menggunakan colokan BNC yang dapat dihubungkan ke monitor TV dengan menggunakan adaptor atau disambungkan langsung ke Digital Video Recorder

Gambar Camouglage Camera

Camouglage Camera juga mampu melakukan zoom untuk menangkap gambar dengan lebih detil. Bagi Anda yang membutuhkan keamanan bisnis dan ingin terus memeriksa kinerja karyawan, maka jenis kamera CCTV ini adalah pilihan yang paling tepat. Camouglage Camera juga bisa memberikan ketenangan pikiran untuk pengawasan sistem keamanan pada properti Anda.

 

  1. Standard Box Camera

Standard box camera biasanya dipakai pada fasilitas umum seperti kantor, ATM, minimarket, dan lain-lain. Standard box camera umum digunakan baik indoor maupun outdoor. Dengan fitur remote view, maka Anda dapat memantau langsung dengan smartphone ataupun tablet. Standard box camera dengan lensa fixed akan selalu melihat ke arah yang sama.

Gambar Standard Box Camera

Detail gambar yang dihasilkan standard box camera sangat bagus walaupun dalam kondisi pencahayaan yang minim. Fitur yang dimilikinya memungkinkan detail tingkat tinggi akan terlihat pada kedua daerah baik terang maupun gelap yang sangat penting dalam sistem pengawasan keamanan. Standard box camera juga memiliki resolusi gambar tinggi sehingga sangat ideal untuk menangkap objek bergerak cepat dan menghasilkan video yang lebih halus.

Jasa Instalasi CCTV & Jaringan Komputer Lan