Perangkat Langkah dan cara Yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan CCTV

Bagi pemilik rumah atau bisnis, kamera CCTV adalah solusi terbaik untuk membantu melindungi aset Anda. Bukan saja teknologi ini penting untuk menemukan pelaku ketika kejahatan terjadi, tetapi sistem kamera keamanan dapat membantu mencegah terjadinya pencurian.

Perangkat Langkah dan cara Yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan CCTV

Gambar CCTV

Untuk membuat sebuah sistem CCTV sederhana, terlebih dahulu Anda harus mengetahui peralatan alat atau material yang digunakan dalam instalasi tersebut. Berikut ini, pemasangan.com telah merangkum peralatan atau material yang diperlukan  :

  • BNC (Bayonet Neill Concelman) connectoradalah tipe konektor RF yang pada umumnya dipasang pada ujung kabel coaxial, sebagai penghubung dengan kamera CCTV dan alat perekam (DVR) maupun secara langsung ke monitor CCTV.

Perangkat Langkah dan cara Yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan CCTV

Gambar Konektor BNC

  • Kabel Coaxialmerupakan sebuah jenis kabel yang biasa digunakan untuk mengirimkan sinyal video dari kamera CCTV ke monitor. Ada beberapa tipe kabel coaxial yaitu : RG-59, RG-6 dan RG-11. Penggolongannya berdasarkan diameter kabel dan jarak maksimum yang direkomendasikan untuk instalasi kabel tersebut.

Perangkat Langkah dan cara Yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan CCTV

Gambar Kabel Coaxial

  • Peralatan untuk crimp kabel coaxialdigunakan sebagai alat bantu untuk memasang konektor BNC pada kabel coaxial.

Perangkat Langkah dan cara Yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan CCTV

Gambar Crimp Tang

  • Konektor RJ-45yaitu digunakan untuk konektor kabel jaringan dari kamera CCTV ke computer untuk membentuk suatu jaringan dimana dalam hal ini hanya berlaku pada system CCTV berbasis internet.

Perangkat Langkah dan cara Yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan CCTV

Gambar Konektor RJ-45

  • Kabel UTPyaitu kabel yang digunakan bersamaan dengan konektor RJ-45, dimana hanya digunakan pada system CCTV berbasis internet yang dapat dipantau langsung melalui jaringan internet dimana saja dan kapan saja.

Perangkat Langkah dan cara Yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan CCTV

Gambar Kabel UTP

  • Kabel Powerdigunakan untuk memasok tegangan AC (searah) 220 V ke adaptor atau power supply kamera CCTV. Biasanya tipe kabel power yang digunakan adalah NYA (2×1.5mm) maupun NYM (3×2.5mm). Instalasi kabel power ini sebaiknya menggunakan pipa high impact conduit.
  • Adaptor dan Power Supplymerupakan perangkat yang menyuplai tegangan kerja ke kamera CCTV, pada umumnya tegangan yang digunakan yaitu 12 Volt DC. Namun adapula yang menggunakan tegangan 24 Volt (AC) maupun 24 Volt (DC). Hal ini tergantung pada jenis atau tipe kamera yang digunakan.

Perangkat Langkah dan cara Yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan CCTV

Gambar Power Supply

  • Kamera CCTV dapat dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu kamera Fixed Dome, kamera IP, kamera wireless dan kamera PTZ (Pan/Tilt/Zoom).Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Jika Anda membutuhkan sebuah kamera yang perlu diperhatikan adalah mempelajari spesifikasi kamera CCTV sebelum membeli. Biasanya spesifikasi yang diberikan berupa format lensa CCD (Charge Coupled Device) yang memiliki ukuran tipikal (1/2″, 1/3″dan 1/4″), TV Lines yang berkaitan dengan resolusi gambar, LUX yang berkaitan dengan kesensitifan kamera terhadap cahaya, Varifocal lens yang berkaitan dengan pegaturan sudut/jarak pandang kamera dan bisa diatur secara manual, indoor, outdoor, dan lain-lain.
  • DVR (Digital Video Recorder) adalah sebuah media penyimpan hasil rekaman video yang telah terpantau oleh kamera CCTV. Besar kecilnya kapasitas penyimpanan hasil rekaman tergantung pada hard disk yang terpasang (pada umumnya 160 GB, namun ada pula yang di-upgrade hingga 1 TB). Hasil rekaman video tersebut ada yang berformat QCIF, MPEG-4 dan AVI. Biasanya input DVR terdiri dari 4, 8, 16 dan 32 channel DVR mempunyai keunggulan :
  • Kualitas gambar hasil rekaman (resolusi) T640x840 high
  • Waktu penyimpanan yang lama (tergantung kapasitas hard disk)
  • Dapat di-back up ke CD/DVD
  • Dapat dikoneksikan ke jaringan internet
  • Jadwal perekaman yang bisa diatur / otomatis
  • Mempunyai controller untuk kamera yang bisa digerakkan.
  • Perawatan yang lebih sedikit

Perangkat Langkah dan cara Yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan CCTV

Contoh DVR

  • Hard Disk Drive (HDD) adalah singkatan dari Hard Disk Drive yang merupakan media penyimpanan data dari gambar video yang telah direkam. Hard Disk Drive dipasang di dalam DVR. Semakin besar kapasitas HDD maka semakin panjang pula proses perekaman yang dapat dilakukan oleh CCTV tersebut.Hard disk pun terbagi dari beberapa macam contohnya 500GB,1TB 2TB dan seterusnya.
  • Monitor CCTV, ada yang masih menggunakan tabung CRT dan adapula yang menggunakan LCD. Monitor tersebut dapat menampilkan keseluruhan gambar dari kamera sesuai inputan ke DVR maupun Multiplexser. Tampilan kamera-kamera dapat dilihat pada monitor dengan pembagian yang berbeda (satu tampilan kamera, matrik 2×2, matrik 3×3 dan matrik 4×4).
  • Controlleryaitu digunakan untuk mengontrol atau menggerakkan kamera CCTV berjenis PTZ (Pan, Tilt, Zoom) dari jarak jauh. Sehingga dapat menghemat waktu dan efektifitas perekaman.

LANGKAH-LANGKAH MERANCANG SISTEM CCTV

  • Pertama kita harus mempersiapkan kebutuhan kabel untuk sistem transmisi. Jika kita melakukan instalasi CCTV di luar ruangan, maka kabel yang kita sediakan harus tahan terhadap segala macam cuaca.
  • Kedua, kita harus menentukan sistem dimana dan berapa titik kamera yang akan kita pasang, karena kita akan menginstall untuk sistem keamanan, berarti kita harus pandai-pandai menyembunyikan kamera CCTV dan menentukan tempat yang strategis agar gambar yang dihasilkan bisa mencakup keseluruhan tempat atau ruangan yang ingin di awasi. Dan yang paling penting, posisi kamera CCTV harus dalam kondisi aman dan tidak mudah dijangkau oleh orang lain, demi menghindari adanya pengrusakan oleh penjahat atau pencuri.
  • Kemudian yang ke iga, kita tentukan kamera CCTV jenis apa yang ingin kita pakai. Untuk sistem keamanan, direkomendasikan menggunakan kamera CCTV jenis PTZ, karena dengan kecanggihan dan kelebihan fitur yang dimilikinya memungkinkan kita untuk dapat merekam atau memantau suatu tempat dengan hasil gambar yang terbaik.
  • CCTV Tercanggih, terlengkap, dan paling banyak diminati untuk proyek jalan tol, Pembangkit Listrik, dan Tower. Biasanya kamera CCTV tersebut memiliki kelebihan bisa di-zoom, Bisa digerakkan kanan, kiri, atas, bawah,  serta tahan hujan dan cuaca. Yang terpenting bisa melihat dalam keadaan gelap serta bisa dikontrol dari jarak jauh / menggunakan internet.
  • Keempat, tentukan kapasitas hard disk pada DVR yang akan kita gunakan, lebih besar kapasitas hard disknya lebih baik, karena dapat menyimpan gambar lebih banyak. Sambil menentukan kapasitas hard disk, lengkapi kebutuhan lainnya, yaitu monitor, DVR ataupun multiplexer dan alat-alat pendukung lainnya.
  • Jika semua peralatan sudah terkoneksi mulai dari kamera CCTV, kabel transmisi, DVR/Multiplexer, hingga ke monitor, saatnya kita menuju depan layar monitor untuk melihat hasil gambar.

Perangkat Langkah dan cara Yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan CCTV

Contoh Tampilan Monitoring CCTV