Apa Itu Layanan Cloud Storage dan Tips Memilihnya Sesuai Kebutuhan

 Ilustrasi Layanan Cloud Storage

Layanan cloud storage adalah layanan penyimpanan file di internet ketika file-file yang tersimpan bisa dikelola dari mana saja selama user masih terhubung dengan cloud storage tersebut melalui jaringan internet.

Konsep pada cloud storage adalah sama seperti pada konsep file server di suatu perusahaan. Bedanya,  infrastruktur pada media storage tersebut dikelola oleh provider cloud, dan selanjutnya pemanfaatannya dijadikan sebagai layanan penyimpanan file yang bisa diakses dari internet.

Keuntungan Layanan Cloud Storage

Layanan cloud storage dalam dunia internet sesungguhnya bukan merupakan layanan teknologi baru. Dahulu, layanan ini dikenal dengan sebutan virtual drive, tetapi setelah adanya trend cloud computing maka lebih dikenal dengan sebutan cloud storage.

Layanan cloud storage memberi banyak keuntungan, antara lain Anda tidak perlu membawa media untuk menyimpan file-file yang sudah tersimpan di cloud storage karena semua data bisa diakses dari mana saja melalui jaringan internet. Tentu saja hal ini memudahkan user karena pekerjaan menjadi lebih efektf dan efisien.

Berbagai Layanan Cloud Storage Gratis

Ilustrasi Layanan Cloud Storage Gratis

  • Google Drive

Salah satu layanan cloud storage disediakan oleh Google Drive. Anda bisa memanfaatkannya secara gratis dengan kapasitas 5GB. Google Drive juga menyediakan layanan cloud berbayar dengan biaya sekitar US$2.49 perbulan dengan kapasitas sebesar 25GB, biaya US$4.99 dengan kapasitas 100GB, atau biaya US$800 perbulan dengan kapasitas 16TB.

Keuntungan menggunakan Google Drive bagi user Gmail dan Google apps adalah file yang tersimpan di Google Drive dapat dihubungkan dengan Gmail serta Google apps. Oleh karena itu, bagi sesama user Gmail serta Google apps bisa saling berbagi file yang tersimpan di Google Drive dengan pengaturan hak akses yang disesuaikan menurut pengaturan hak akses pada file server. Artinya, user tidak perlu mengirim file melalui attachment pada email.

  • Dropbox

Sehubungan dengan pengertian layanan cloud storage, Dropbox merupakan salah satu bentuk layanannya. Dropbox menyediakan layanan cloud storage secara gratis dengan kapasitas 2GB. Selain itu, tersedia juga layanan cloud storage berbayar sebesar US$10GB perbulan atau US$99 pertahun untuk kapasitas 50GB. Penawaran lainnya US$20 perbulan atau US$199 per tahun untuk kapasitas sebvesar 100GB.

Dropbox juga menyediakan layanan tambahan kapasitas sebesar 500MB bagi setiap pendaftar baru yang mendaftar menggunakan referensi dari user yang sebelumnya telah menggunakan layanan Dropbox.

  • Box. com

Box.com juga menyediakan layanan cloud storage secara gratis sebesar 5GB. Ketika Anda ingin kapastas lebih besar, Anda bisa menggunakan layanan cloud storage berbayar dengan biaya US$15 per bulan per user dengan jumlah maksimal users hingga 500 orang.

  • SkyDrive

SkyDrive merupakan layanan cloud storage dari Microsoft. SkyDrive juga menyediakan layanan gratis bahkan dengan kapasitas yang lebih besar, yakni sebesar 7GB.  Ada pula layanan berbayar dengan kapasitas yang lebih besar.

  • Amazon Cloud Drive

Amazon merupakan salah satu provider cloud computing yang terkenal di dunia. Amazon juga menyediakan layanan cloud storage gratisan dengan kapasitas 5GB. Layanan gratis ini tergolong baru diluncurkan oleh pihak Amazon. Sedangkan untuk layanan berbayar ada yang berharga US$29 pertahun dengan kapasitas 20GB, ada pula penawaran harga US$1000 dengan kapasitas 1000GB.

Memilih Layanan Cloud Storage Terbaik

 

Ilustrasi Macam-Macam Layanan Cloud Storage

Ketika akan memilih layanan cloud storage, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Kelengkapan Aplikasi

Tersedianya aplikasi client untuk berbagai platform komputer, misalnya smartphone, laptop, dan tablet. Hal ini berhubungan dengan fleksibilitas akses file. Google Drive, Dropbox, SkyDrive, serta Amazon Cloud Drive memiliki aplikasi yang mendukung pada perangkat smartphone, laptop, dan tablet.

  • Fitur Sync

Fitur ini hanya tersedia untuk aplikasi di perangkat desktop atau laptop. Anda bisa memilih satu folder untuk disinkronkan pada layanan cloud storage. Fitur Sync akan mempermudah user mengakses file yang terdapat pada layanan cloud storage tanpa perlu masuk terlebih dahulu ke halaman cloud storage tersebut.