Internet- Seperti yang kalian ketahui internet telah menciptakan reolusi yang sangat pesat dan tidak terduga di jaman sekarang, dalam dunia teknologi tentunya, informasi dan komunikasi. Artikel ini akan membahas tentang pengertian internet atau sejarah singkat internet dunia.

 

Pengertian Internet

Interconnection-networking yang biasa di sebut internet adalah merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan TCP/IP atau suatu standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh belahan dunia (Packet Switching Communication Protocol). Rangkaian internet yang terbesar itu dinamakan dengan InternetDan untuk menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan Internetworking atau (antarjaringan).

 

Sejarah Internet

Interconnection-networking atau Internet adalah merupakan suatu jaringan komputer yang di bentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui sebuah proyek APRA atau yang di sebut APRANET (Advanced Research Project Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana cara suatu hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tak terhingga melalui saluran telepon. Proyek  APRA atau yang di sebut APRANET ini merancang bentuk jaringan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, kehandalan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan jadi cikal bakal pembangunan protokol baru, yang sekarang di kenal sebagai TCP/IP. Tujuan pertama di bangunnya proyek itu untuk keperluan militer, Departemen Pertahan Amerika Serikat pada saat itu membuat sistem jaringan komputer yang ter sebar di daerah vital dengan menggunakan komputer untuk menngatasi masalah bila terjadi serangan nuklir mendadak dan bisa menghindari terjadinya informasi terpusat. Apabila perang terjadi dan dapat mudah di hancurkan.

Dan pada saat ini Internet dijaga dengan perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal “Protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian”. Protokol ini dibentuk dalam perbincangan Internet Engineering Task Forse atau(IETF), yang terbuka untuk umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali RFC (Request for Comments). Sebagian Request for Comments dijadikan Standar Internet, oleh Badan Arsitektur Internet. Protokol Internet yang sering digunakan seperti,

  • IP
  • TCP
  • UDP
  • DNS
  • PPP
  • SLIP
  • ICMP
  • POP3
  • IMAP
  • SMTP
  • HTTP
  • SSH
  • Telnet
  • FTP
  • LDAP dan SSL.

Ada berapa banyak layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, yaitu; Email, Usenet, Newsgroup, File Sharing, World Wide Web (WWW), Gopher, Session Access, WAIS, finger, IRC, MUD, dan terakhir MUSH. Semua diantara  email dan World Wide Web lebih sering digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, contohnya seperti Mailing List dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), web radio, dan webcast yang dapat diakses di seluruh penjuru dunia.

 

 

 

Negara dengan akses Internet Tebaik

Yaitu termasuk Korea selatan, karena 50 persen dari pada penduduknya mempunyai akses jalur lebar /broadband, dan Swedia. Ada 2 bentuk akses Internet yang umum, yaitu dail up, dan jalur lebar. Seperti negara berkembang lainnya di Indonesia sendiri dimana akses Internet sudah cukup tinggi karena didukungnya dengan Internet dan netbook yang murah, tapi di Indonesia operator kurang merata dalam menentukan harga atau bahkan ada salah satu operator yang memang sengaja membuat jebakan agar pengguna Internet membayar lebih mahal lagi. Kita juga dapat  menggunakan PC dan Handphone untuk dapat mengakses internet, dengan menggunakan fasilitas yang disebut GPRS. Salah satu standar komunikasi wireless “Nirkabel” yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan bisa mendukung aplikasi yang lebih luas.

 

 

 

Manfaat Secara Umum

  • Sebagai Media Informasi; Internet adalah media penyimpan segala sesuatu informasi dan mesin pencari adalah fasilitas yang membantu memudahkan untuk mencarian informasi tertentu di sekian banyaknya informasi yang tersedia.
  • Bisa menjadi sarana pendukung kegiatan pendidikan dan ekonomis; Untuk pendidikan dapat membantu mendapatkan buku pelajaransecara online ataupun offline dan  untuk pendukung kegiatan ekonomis yaitu, dapat menjadi media jual/beli dan mendukung kegiatan finansial lain nya seperti e-commerce atau e-banking.
  • Wahana Hiburan; Untuk mencari data yang bersifat menghibur bagi anda yang sedang gelisah atau galau memikirkan sesuatu. Anda bisa menghibur diri dengan mengakses sosial media, streaming musik, streaming video atau main game.
Advertisements