Apa Itu Mikrotik Dan Manfaatnya Dalam Jaringan Komputer

Perkembangan teknologi informasi tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi dan infrastruktur jaringan komputer. Teknologi informasi semakin berkembang pesat berkat dukungan jaringan komputer yang memadai. dan juga router yang handal dan dapat difungsikan sebagai security juga dan bisa sebagai pengatur bandwdith management Contoh paling mudahnya adalah menjamurnya media sosial yang tidak bisa dipungkiri memiliki andil besar terhadap cepatnya informasi terkirim dari pusat informasi sampai ke penerima informasi. Kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi, bahkan melalui media ponsel sekalipun, hal ini dikarenakan fasilitas ponsel yang semakin canggih dan mendukung berbagai tipe jaringan akses data, serta infrastruktur jaringan yang sudah semakin dan tersedia di hampir seluruh daerah.

Banyak sekali komponen-komponen pada suatu jaringan komputer sehingga menciptakan infrastruktur jaringan yang bisa kita nikmati. Salah satu komponen jaringan komputer yang masuk kedalam komponen paling penting adalah router. Router sendiri berfungsi sebagai penghubung dan pengatur dua buah jaringan atau lebih guna meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router adalah sebuah perangkat komputer jaringan yang memiliki fungsi khusus sebagaimana disebutkan di atas. Sebagaimana halnya komputer lain, router juga berjalan di atas sebuah sistem operasi khusus. Salah satu sistem operasi router yang populer digunakan saat ini adalah Mikrotik. Lalu apa itu mikrotik? Berikut penjelasannya yang telah dirangkum oleh pemasangan.com!

Apa Itu Mikrotik Dan Manfaatnya Dalam Jaringan Komputer

Logo Mikrotik

 Mikrotik adalah sebuah sistem operasi yang di dalamnya termasuk perangkat lunak dan dipasang pada suatu komputer sehingga dapat berperan sebagai jantung network, pengendali atau pengatur lalu-lintas data antar jaringan, biasanya dikenal dengan nama router. Jadi, intinya mikrotik adalah salah satu sistem operasi khusus untuk router. Mikrotik dikenal sebagai salah satu Router OS yang handal dan memiliki banyak sekali fitur untuk mendukung kelancaran network.

Mikrotik pertama kali digagas pembuatannya pada tahun 1996 oleh John Trully dan Arnis Riekstins. John Trully adalah warga negarAmerika Serikat yang berimigrasi ke Latvia. Di Latvia, ia berjumpa dengan Arnis, seorang sarjana fisika dan mekanik sekitar tahun 1995.Kedua orang tersebut memulai sejarah Mikrotik dengan membangun sebuah perangkat hasil dari perpaduan antara 2 buah sistem operasi (Linux dan MS DOS) dan teknologi Wireless LAN atau WLAN Aeronet yang memiliki kecepatan 2 Mbps.

Apa Itu Mikrotik Dan Manfaatnya Dalam Jaringan Komputer

John Trully dan Arnis Riekstins

Prinsip dasar mereka bukan membuat Wireless ISP (W-ISP), tetapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Latvia sendiri hanya merupakan tempat eksperimen John dan Arnis karena saat ini mereka sudah membantu negara-negara lain. termasuk Sri Lanka yang melayani sekitar 400 pengguna..

Linux yang pertama kali digunakan oleh John dan Arnis adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5-15 orang staf Research and Development (R&D) MikroTik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Arnis juga pernah menyebutkan selain staf di lingkungan MikroTik, mereka juga merekrut tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan MikroTik secara maraton.

Adapun, mikrotik hadir dalam 2 jenis yaitu:

  1. Mikrotik RouterOS™

Versi MikroTik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat diinstalasi pada Personal Computer (PC) melalui CD. File yang dibutuhkan dapat diunduh dalam bentuk file image MikroTik RouterOS dari website resmi MikroTik yaitu www.mikrotik.com. Namun, file image ini merupakan versi trial MikroTik yang hanya dapat berlaku dalam waktu 24 jam saja. Untuk dapat menggunakannya secara full time, Anda harus membeli lisensi key (catatan : satu lisensi hanya berlaku untuk satu HDD).

Apa Itu Mikrotik Dan Manfaatnya Dalam Jaringan Komputer

Skema Pada Mikrotik RouterOS™

 

  1. Build in Hardware Mikrotik

MikroTik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router, atau sering disebut router board. Di dalamnya sudah diinstal sistem operasi MikroTik RouterOS. Untuk versi ini, lisensi sudah termasuk dalam board MikroTik. Pada router board ini , pengguna langsung dapat memakainya  tanpa harus melakukan instalasi sistem operasi. Router board ini dikemas dalam beberapa bentuk dan kelengkapannya sendiri sendiri. Ada yang difungsikan sebagai indoor router, outdoor router, ataupun yang dilengkapi dengan wireless router.

Apa Itu Mikrotik Dan Manfaatnya Dalam Jaringan Komputer

MikroTik Router Board

Berikut adalah beberapa fungsi mikrotik:

  • Dapat digunakan sebagai routing

Sudah sedikit dibahas mengenai manfaat router Mikrotik yang satu ini di awal penjelasan yakni sebagai router atau media penghubung jaringan. Yang lebih efektif dari router Mikrotik ini adalah kemampuan routingnya untuk menghubungkan perangkat dengan lebih dari satu jaringan serta dapat memilih jalur yang paling optimal menuju ke perangkat komputer atau perangkat tujuan lainnya.

  • Dapat digunakan untuk Access Point

Selain digunakan dalam proses routing yang menghasilkan kinerja maksimal, Mikrotik juga berfungsi sebagai access point yang handal dan mumpuni pada jaringan Wi-Fi. Hal ini disebabkan router Mikrotik dibekali dengan interface wireless yang memiliki cakupan sangat luas. Tak heran jika kebanyakan pihak penyedia jasa setting Mikrotik Jakarta dan kawasan atau daerah lain saat ini semakin dicari banyak orang saat melakukan pemasangan jaringan internet.

  • Dapat digunakan sebagai Internet Gateway bagi LAN

Local Area Network atau LAN yang memiliki jaringan lokal juga dapat bekerja secara maksimal apabila terdapat router Mikrotik dijadikann sebagai media jaringan. Router Mikrotik juga dapat digunakan sebagai gateway jaringan lokal sehingga dapat menghubungkan beragam jaringan lokal yang nantinya dihubungkan ke internet secara lebih luas.

  • Dapat digunakan sebagai Virtual Private Network atau VPN

Salah satunya fungsi lainnya dari router Mikrotik adalah sebagai VPN. Router Mikrotik dapat menjalankan fungsi penghubung atau mengoneksikan satu jaringan dengan jaringan lain secara personal lewat jaringan internet publik.

Jika masih banyak orang yang beranggapan bahwa penggunaan jaringan internet publik memiliki privasi yang rendah dan sangat rawan dengan terjadinya pengambilan data tanpa ijin atau pencurian data, namun, VPN yang dikerjakan oleh router mikrotik menerapkan metode enskripsi untuk melakukan acak data sehingga kemanannya cukup terjamin dan tak perlu dikhawatirkan. Selain itu, pengacakan data juga bertujuan agar data yang ditransmisikan hanya bisa diakses oleh pihak atau orang yang memang memiliki hak atas data atau file tersebut saja.

  • Memisahkan bandwith traffic

Manfaat router Mikrotik dalam kinerja yang selanjutnya adalah dapat memisahkan bandwith traffic. Yang dimaksud disini adalah bandwith traffic yang berasal dari luar atau internasional dan bandwith traffic yang berasal dari dalam negeri atau local serta yang lainnya. Dengan demikian, pengakses jaringan akan lebih dipermudah dan proses aksesnya menjadi terpusat pada data atau file dan resource yang benar-benar dibutuhkan. Para pengguna jaringan juga akan lebih merasa dipemudah dengan sistem yang dimiliki router Mikrotik ini.

 

Selain itu, ini adalah fitur-fitur yang terdapat di  mikrotik:

  • Address List: Merupakan kumpulan kelompok IP Address berdasarkan nama .
  • Bridge: Seperti namanya, mempunyai fungsi untuk bridge spinning’tree dan multiple bridge interface. Selain itu, bisa juga digunakan untuk bridging firewalling.
  • Data Rate Management: Merupakan QoS yang memiliki dasar HTB yang menggunakan:
  1. Burst 
  2. PCQ 
  • RED 
  1. SFQ 
  2. FIFO queue 
  3. CIR 
  • MIR 
  • Limit antar peer to peer
  • Asynchronous: Mempunyai dukungan untuk serial PPP dial-in atau dial-out, memiliki otentikasi CHAP, PAP, MSCHAPv1, dan MSCHAPv2, Radius, dial on demand, modem pool hingga 128 ports.
  • Bonding: Mengkombinasikan beberapa ethernet dalam satu pipa pada koneksi yang sangat cepat.
  • DHCP: Mendukung DHCP tiap interface, DHCP Relay, DHCP Client, multiple network DHCP static, dynamic DHCP leases. Selain itu, dapat digunakan untuk monitoring penghitungan seperti menghitung Traffic IP, log, dan graph statistic.
  • NTP: Kepanjangan NTP adalah Network Time Protokol yang berguna di dalam server dan clients. Bisa juga digunakan untuk melakukan sinkronisasi menggunakan GPS system.
  • Proxy: Kemampuannya untuk melakukan Cache FTP dan HTTP proxy server. HTTP proxy server bisa juga digunakan untuk transparent proxy DNS dan HTTP, sangat mendukung protokol SOCKS, parent proxy, dan static DNS.
  • Routing: RIP v1/v2,OSPF v2,BGP v4
  • SDSL: Support Single Line DSL, mampu memutuskan suatu jalur koneksi dan jaringan, artinya kita berkuasa jika kita untuk melakukan pengaturannya.
  • Simple Tunnel: melakukan Ethernet over IP
  • SNMP: Melakukan Simple Network Monitoring Protocol untuk read only
  • Synchronous: Melakukan Firewall dan NAT serta mendukung filterisasi koneksi peer to peer, source NAT ataupun destination NAT. keunggulannya adalah kemampuannya dalam melakukan filter berdasarkan:
  1. MAC address 
  2. IP address 
  • Range Port 
  1. Protokol IP 
  2. Pemilihan Opsi Protokol seperti ICMP 
  3. TCP Flags dan MSS
  • Hotspot: Bagian ini memiliki Hotspot gateway dengan otentikasi RADIUS di dalamnya. Dapat mendukung aktivitas limitasi data, SSL, dan HTTPS.
  • IPSec: Memiliki berbagai fungsi seperti:
  1. Protokol AH dan ESP untuk IPSec 
  2. MODP Diffie Hellmann groups 1,2,5
  • MD5 dan algoritma SHA1 hashing
  1. Mampu melakukan algoritma enkripsi menggunakan DES, 3DES, AES-128, AES-192, dan AES-256
  2. Perfect Forwarding Secresy (PFS) MODP groups 1, 2,5
  3. M3P: merupakan MikroTik Protokol Paket Packer yang digunakan dalam wireless links dan ethernet.
  • ISDN: mendukung untuk melakukan ISDN dial in dan dial out. Terdapat beberapa otentikasi seperti di bawah ini yaitu PAP, CHAP, MSCHAPv1 dan MSCHAPv2, Radius, supporting 128K bundle, Cisco HDLC, x751, x75ui, x75bui line protokol.
  • MNDP: Merupakan MikroTik Discovery Neighbour Protokol, mempunyai dukungan untuk Cisco Discovery Protokol (CDP).
  • Tool: Seperti pada umumnya sebuah router biasa, terdapat juga fitur untuk melakukan test ping, trace route, bandwidth test, ping flood, telnet, SSH, packet sniffer, dan dynamic DNS update.
  • VLAN: Mendukung Virtual LAN IEEE 802.1q untuk jaringan ethernet dan wireless, multiple VLAN, dan VLAN bridging.
  • WinBox: Sebuah aplikasi untuk remote dan mengkonfigurasi MikroTik itu sendiri.

Tak Hanya itu, mikrotik Router hadir dalam berbagai level. Tiap level memiliki kemampuannya yang berbeda-beda:

  • Level 0 (gratis). Tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur dibatasi hanya selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.
  • Level 1 (demo). Dapat digunakan sebagai fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.
  • Level 3. Mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen router yang melakukan interface ethernet.
  • Level 4. Mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola wireless client atau serial interface, untuk aplikasi hotspot bisa digunakan untuk 200 pengguna.
  • Level 5. Mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan wireless AP, untuk aplikasi hotspot bisa digunakan untuk 500 pengguna.
  • Level 6. Mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun, untuk aplikasi hotspot bisa digunakan untuk pengguna yang tidak terbatas.

 

Lebih lanjut lagi, instalasi Mikrotik juga dapat dilakukan pada HDD, namun lebih disarankan menggunakan DOM (Disk on Module). Hal ini Mikrotik RouterOS mengikat pada HDD, sehingga jika terdapat kerusakan pada HDD, maka kita membutuhkan lisensi yang baru saat menginstalnya kembali pada HDD yang baru. DOM (Disk On Module) memiliki daya tahan yang jauh lebih baik dibanding dengan HDD.

Apa Itu Mikrotik Dan Manfaatnya Dalam Jaringan Komputer

Disk on Module

 

Harga mikrotik sendiri bervariasi tergantung dari spek dan model :

  1. Mikrotik RB 1100Ah = Harga Rp.4.000.000 – Rp.5.000.000
  2. Mikrotik RB 450G harga Rp. 1.300.000 – Rp. 1.600.000
  3. Mikrotik RB951UI Harga Rp.700.000-Rp.1.000.000
  4. Mikrotik RBcap2n Harga Rp.700.000-Rp.1.000.000
  5. Mikrotik Hapmini Harga Rp.200.000-Rp.400.000
  6. Mikrotik dynadish 5 Harga Rp.1.900.000-Rp.2.300.000
  7. Mikrotik RB750r2 (hexlite) Harga Rp.500.000-Rp.1.000.000
  8. Mikrotik SXT Lite 2 Harga Rp.700.000-Rp.1.000.000
  9. Mikrotik RB3011UiAS  Harga Rp.2.200.000-Rp.3.000.000
  10. Mikrotik Metal RB2SHPN  Harga Rp.1.300.000-Rp.2.000.000

 

Jasa Instalasi Mikrotik dan jaringan komputer