Microsoft Mengubah Cara Disconnect Perangkat USB dari Windows 10

Microsoft memutuskan untuk memodifikasi cara disconnect USB (Thunderbolt) dari Windows 10. Ini termasuk untuk perangkat USB Thumb Drive, Hard Drive eksternal, Flash Drive, juga koneksi transfer data antara PC dan Smartphone.

 Ilustrasi USB Storage

Perubahan cara ini akan mulai berlaku pada Windows 10 versi 1809 (update bulan Oktober 2018)

Mengapa Ini Penting?

Sampai sekarang, kebijakan standar di semua versi Windows sebelumnya yakni ketika melepaskan perangkat penyimpanan USB adalah dengan melakukan pengaturan “Better Performance”.

Diawali dengan Windows 10 versi 1809, cara disconnect USB akan menjadi “Quick Removal”. Perbedaan keduanya cukup signifikan.

“Better Performance” berarti bahwa Windows mengeola transfer data dan operasi penyimpanan dengan cara meningkatkan kinerja. Ini termasuk data caching saat sedang mentransfer data, membuka data, atau dalam persiapan untuk operasi tertentu.

Kesiapan yang konstan pada bagian Windows berarti setiap pengguna yang melepaskan USB atau perangkat penyimpanan lainnya yang terhubung harus melalui proses “Safely Remove Hardware”, yang berarti memerlukan eject secara manual.

Namun, dengan Windows 10 versi 1809, status default untuk semua perangkat penyimpanan USB dan Thunderbolt telah menjadi “Quick Removal” sebagai pengaturan standar. Hal ini membuat perangkat penyimpanan eksternal dapat dilepas tanpa mengikuti prosedur “Safely Remove Hardware”’.

 Ilustrasi Safely Remove Hardware

Namun, ada ketidaknyaman baru dengan peralihan ke Quick Removal” sebagai pengaturan standar. Yang pertama, Windows tidak akan menulis cache disk lagi, berarti data yang dipindahkan ke perangkat penyimpanan eksternal akan ditransfer lebih lama.

Simpan Perangkat Penyimpanan Eksternal Sebagai “Better Performance’’

Microsoft telah memungkinkan para penggunanya untuk overwrite status default “Quick Removal’’ pada basis per perangkat. Ini membuat para pengguna lebih praktis dalam menyalin backup ke Hard Drive eksternal atau mereka yang menyalin slide Powerpoint penting serta dokumen bisnis lainnya ke memory stick USB. Proses transfer data pun akan berjalan dengan aman, cepat, dan tanpa berpotensi mengalami masalah.

Prosedurnya adalah sebagai berikut, tetapi pengguna perlu menyadari bahwa dengan mengatur kembali perangkat penyimpanan USB/Thunderbolt ke “Better Performance”, mereka kembali harus melakukan prosedur “Safely Remove Hardware”’.

Ilustrasi Disk Management

  • Hubungkan perangkat ke komputer.
  • Klik kanan Start, lalu pilih File Explorer.
  • Di File Explorer, identifikasi huruf atau label yang dikaitkan dengan perangkat (misalnya, Drive USB (D 🙂 pada gambar di bawah).
  • Klik kanan Start, lalu pilih Manajemen Disk.
  • Di bagian bawah jendela Manajemen Disk, klik kanan label perangkat, lalu klik Properties.
  • Pilih Policies, lalu pilih yang Anda ingin gunakan

 Ilustrasi Policies

Advertisements