Cara pasang Motherboard dan CPU

Seringkali kita ragu ketika pertama kali akan memasang part PC rakitan. Untuk hal yang satu ini memang gampang-gampang susah. Karena apabila kurang pas, PC kita akan crash atau overheating. Nah, untuk menghindari hal itu,  kami punya Cara Menginstal Motherboard dan CPU dengan benar.

Langkah – Langkah Cara pasang Motherboard dan CPU

  1. Cocokkan lubang mur/baut

Hal Pertama dalam Cara Menginstal Motherboard dan CPU adalah kita harus mencocokkan posisi lubang pada motherboard dengan posisi dudukan mur/baut, karena posisi lubang pada motherboard dan casing seharusnya sama. Kalau anda ragu dengan lubang mur/baut, anda bisa juga mencocokkan dengan lubang dvi, usb, power, mouse, dan keyboard yang terletak di belakang case. Kalau point nomor 1 ini sudah selesai, kita lanjutkan ke langkah selanjutnya

 

  1. Masukkan Motherboard kedalam casing.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan motherboard ke dalam casing, lalu memasang mur/baut yang akan merekatkan motherboard dengan casing. Ada 2 jenis lubang yang terdapat di motherboard, 1 yang memiliki lapisan metal, dan yang ke-2 adalah yang tidak memiliki lapisan metal. Untuk lubang yang tidak memiliki lapisan metal, anda bisa memasukkan mur langsung untuk menempelkan motherboard dengan casing, sedangkan untuk yang memiliki lapisan metal, anda memerlukan pemisah agar tidak terjadi kerusakan pada motherboard.

 

  1. Install CPU dan Memory,

Apabila langkah ke-2 sudah selesai, langkah selanjutnya adalah memasang CPU dan memory (RAM) pada motherboard. Masukkan chip CPU ke wadah yang berada di motherboard, perhatikan kaki-kaki dari cpu tersebut, kalau sulit, maka posisi dari cpu tersebut kurang pas. Apabila sudah terpasang, anda harus memasang cooler atau pendingin agar kondisi cpu ketika proses data nanti menjadi stabil, jangan lupa untuk memberi thermal paste pada cooler sebelum menempelkannya ke cpu. Lalu setelah itu, kita pasangkan memory/RAM pada tempat yang sudah di sediakan.

 

  1. Install konektor panel depan.

Langkah selanjutnya adalah memasangkan kabel-kabel kecil yang berada di casing ke motherboard. Anda hanya tinggal menyesuaikan tulisan yang ada di ujung kable tersebut dengan yang ada di motherboard. Konektor tersebut antara lain.

 

  • Reset switch
  • Power switch
  • Power LED
  • HDD LED
  • Speaker

 

  1. Install Harddisk dan Power Supply

Selanjutnya kita akan memasangkan hardisk pada casing terlebih dahulu, lalu menempelkan kabel sata/ata dari hardisk ke motherboard. Lalu pasangkan juga power supply pada casing, dan sambungkan kabel konektornya ke tempat yang sudah di sediakan di motherboard.

 

  1. Install Hardware Tambahan jika perlu

Anda juga bisa menambahkan hardware penunjang jika perlu, seperti vga card, internal card reader, dvd drive dan floppy drive.

 

  1. Install Monitor, Mouse , Keyboard dan OS

Langkah terakhir adalah memasangkan monitor pada port dvi yang sudah di sediakan, juga memasangkan mouse dan keyboard pada port yang ada di belakang case. Setelah itu semua selesai, yang tak kalah penting dalam Cara Menginstal Motherboard dan CPU adalah install OS (Operating Software) pada PC anda. Jangan lupa gunakan software original ya.

 

Sekian tips Cara Menginstal Motherboard dan CPU dari kami. Apabila ada pertanyaan boleh hubungi kami di sini ya.

Advertisements