Manfaatnya Jaringan Komputer Bagi Perusahaan

Secara garis besar, jaringan komputer berarti sebuah jaringan telekomunikasi yang mampu membuat sebuah komputer berkomunikasi dengan komputer lainnya menggunakan bahasa digital. Dalam jaringan komputer, terdapat dua pihak yang terlibat; server sebagai pengirim atau penyedia layanan, dan klien sebagai penerima layanan, Pengertian, Manfaat Jaringan Komputer Bagi Perusahaan adalah Berbagi printer, berbagi media penyimpanan, data terpusat, berbagi internet, memudahkan bertukar informasi, informasi lainnya mari kita bahas di bawah.

 

Bagi sebuah perusahaan, jaringan komputer ini dapat mendatangkan banyak manfaat, di antaranya;

 

Sebagai Media Berbagi Sumber Daya

Berhubung pada umumnya perusahaan tidak hanya diurus oleh satu orang, media untuk berbagi hal terkait pekerjaan; informasi; atau bahkan tagihan kepada klien sangatlah diperlukan. Dapat dibayangkan betapa merepotkan jika harus membagi pekerjaan secara manual, atau mengirim tagihan lewat pos. Berkat kehadiran teknologi jaringan komputer, kita bisa mengunggah pekerjaan lewat Dropbox atau Google Drive, serta mengirim tagihan atau informasi lewat surel.

 

Media Komunikasi

Untuk menjaga pekerjaan tetap terkontrol, sarana komunikasi yang memadai sangat diperlukan. Proses-proses seperti pertemuan, kolaborasi, dan sebagainya bisa dilakukan lewat media digital. Selain lebih mudah, waktu yang terpakai pun relatif lebih sedikit.

 

Media Promosi

Pada zaman sekarang, media promosi yang paling efektif untuk menggaet pelanggan adalah media digital. Dengan adanya jaringan komputer, para pelaku bisnis bisa memanfaatkan media sosial atau situs perusahaan untuk mengelola bisnis. Murah dan efektif, bukan?

 

Aspek Keamanan

Tidak hanya sebagai tempat berbagi, jaringan komputer juga bisa menjadi fitur untuk menjaga data-data pribadi agar tidak bisa diakses oleh pihak lain. Dalam sebuah perusahaan, hal seperti ini bisa berupa pembatasan akses bagi pimpinan atas bawahan atau orang luar.

 

Hemat Anggaran dan Waktu

Poin ini sangat terkait dengan poin-poin sebelumnya. Dengan memanfaatkan jaringan komputer untuk kepentingan bisnis, kita bisa melakukan banyak penghematan biaya dan waktu. Contohnya, dengan membangun sebuah situs perusahaan, penghematan yang dilakukan bisa melebihi dana yang harus dikeluarkan untuk beriklan secara offline. Dari segi waktu, bekerja secara online biasanya hanya terhambat oleh koneksi internet, sedangkan bekerja secara offline bisa terhambat oleh cuaca, kemacetan lalu lintas saat hendak meeting, dan lebih banyak lagi.

 

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika jaringan komputer dimanfaatkan secara penuh sebagai bagian dari perusahaan. Selain turut berkembang seiring zaman, kemudahan-kemudahan yang dibawanya juga tidak sedikit.

Untuk Jasa pemasangan jaringan komputer silahkan hubungi kami dengan Klik disini

Advertisements